Makanan Untuk Penderita Darah Tinggi

Makanan Untuk Penderita Darah Tinggi

Makanan Untuk Penderita Darah Tinggi,- Darah tinggi adalah suatu keadaan medis yang kronis yang ditandai dengan meningkatnya tekanan darah di arteri. Penyakit darah tinggi juga biasa disebut hipertensi. Penyakit ini menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah. Seseorang dikatakan menderita darah tinggi apabila tekanan darah nya berada pada 140/90 mmHg atau lebih, sedangkan tekanan darah yang normal berada pada 120/80 mmHg. Darah tinggi atau hipertensi tergolong penyakit berbahaya karena dapat menyebabkan komplikasi penyakit seperti stroke, serangan jantung, gagal jantung, dan penyakit ginjal kronis. Bahkan penyakit darah tinggi juga dapat menyebabkan kematian.

mdMengingat sangat berbahaya nya penyakit darah tinggi, sebaiknya anda berhati-hati bila sedang menderita penyakit yang satu ini. Untuk meminimalisir resiko terjadinya komplikasi penyakit, kami menyarankan anda melakukan usaha-usaha pencegahan, salah satunya dengan memperhatikan pola makan. Penderita darah tinggi tidak boleh sembarangan mengkonsumsi makanan, karena beberapa makanan dapat memperparah penyakit yang anda derita. Anda harus dapat membedakan mana makanan yang aman untuk anda konsumsi dan mana yang berbahaya untuk anda konsumsi. Untuk itu, pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi tentang makanan untuk penderita darah tinggi seperti berikut ini.

A. Makanan yang aman untuk dikonsumsi penderita darah tinggi

Seorang penderita darah tinggi harus selalu memperhatikan makanannya, artinya ia harus memililih terlebih dahulu makanan apa saja yang aman untuk dikonsumsi, karena jika penderita darah tinggi salah mengkonsumsi makanan maka bisa jadi penyakit darah tinggi yang diderita akan semakin memburuk. Untuk itu cobalah konsumsi makanan yang berkhasiat menurunkan tekanan darah, seperti berikut ini:

  • Sayuran hijau
    Sayuran hijau merupakan aset untuk untuk kesehatan. Bayam dan ketumbar sangat efektif dalam menurunkan tekanan darah. Bayan dan daun ketumbar merupakan sumber kalium, sehingga kehadirannya merupakan penurun tekanan darah tinggi. Daun seledri juga diyakini mampu menurunkan darah tinggi dengan cepat.
  • Buah-buahan
    Buah-buahan segar merupakan sumber makanan penurun darah tinggi yang alami. Buah-buahan mengandung berbagai mineral penting dan vitamin yang membantu dalam menurunkan darah tinggi.
  • Makanan Bersodium Rendah
    Makanan bersodium tinggi tidak hanya membuat ketagihan, namun bisa menimbulkan dehidrasi. Hal ini dikemukakan oleh seorang ahli diet bersertifikasi, Tammy Lakatos Shames yang mengatakan bahwa garam membuat diri lebih lapar dan semakin merasa haus. Hal ini dikarenakan makanan asin menggugah selera penikmatnya dengan menguras cairan dalam tubuh sehingga menimbulkan dehidrasi. Maka, selain menimbulkan berat badan berlebih cairan dalam tubuh pun terkuras. Serat alami termasuk salah satu penurun tekanan darah tinggi terbaik, jadi sering-seringlah mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran.
  • Tomat
    Jika dikonsumsi secara teratur, tomat akan membantu menurunkan tekanan darah dengan cepat. Tomat kaya akan kalsium, magnesium, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E. Nutrisi ini penting untuk mengurangi tekanan darah tinggi.
  • Bawang merah dan bawang putih
    Satu siung bawang putih mentah dapat memberikan keajaiban. Bawang membantu dalam mencegah pembekuan darah dan penebalan darah merah. Bawang juga merupakan obat alami dalam menahan efek buruk yang disebabkan tekanan darah tinggi. Selain itu juga membantu dalam menghilangkan sumbatan di jantung.
  • Gandum
    Gantilah sarapan kamu dengan roti yang terbuat dari gandum murni. Gandum merupakan sahabat untuk penderita hipertensi. Konsumsi gandum secara teratur, efektif dalam menurunkan darah tinggi.
  • Makanan yang kurang asin dan kurang pedas
    Makanan yang asin-asin harus dihindari ketika kamu sedang mengalami darah tinggi. Yodium merupakan elemen yang menyebakan peningkatan tekanan darah di arteri. Natrium adalah bahan utama dari garam dan sangat disaran mengkonsumsi makan yang kurang asin untuk menurunkan tekanan darah. Makanan pedas juga dapat menjadi salah satu penyebab tekanan darah tinggi.
  • Susu skim
    Susu skim adalah susu bebas lemak yang merupakan sumber dari kalsium dan vitamin D. Kehadiran kalsium dan vitamin D sangat dibutuhkan dalam menurunkan tekanan darah. Sebaliknya jika kekurangan akan berdampak pada hipertensi.

B. Makanan yang berbahaya untuk penderita darah tinggi

Selain harus mengkonsumsi makanan yang berkhasiat menurunkan tekanan darah, penderita darah tinggi juga dituntut untuk menghindari makanan yang bisa membuat tekanan darah kembali naik. Bila hal itu terjadi maka bukan tidak mungkin komplikasi penyakit akan anda alami seperti stroke, serangan jantung, gagal jantung, dan penyakit ginjal kronis. Maka dari itu, kami sarankan anda untuk menghindari makanan-makanan seperti dibawah ini:

  • Makanan cepat saji
    Makanan cepat saji atau junk food kaya akan kandungan lemak. Dari semua jenis makanan cepat saji memiliki kandungan lemak jenuh cukup banyak yang dapat memicu penyakit jantung maupun penyakit hipertensi. Makanan dengan kandungan lemak tinggi menjadikan lemak yang ada menumpuk di dinding pembuluh darah. Akhirnya membuat pembuluh darah menyempit, sehingga tekanan darah menjadi naik akibat penyempitan pembuluh darah tersebut.
  • Makanan dengan kandungan garam tinggi
    Makanan seperti buah atau sayur yang dijual di dalam kaleng, salad, saus serta seluruh makanan awetan rata-rata memiliki kandungan garam serta sodium yang cukup tinggi. Sebaiknya batasi asupan garam yang Anda konsumsi, atau bahkan tiadakan garam pada semua makanan yang menjadi menu Anda. Hali ini dikarenakan unsur sodium pada garam yang membuat ginjal menahan cairan di dalam tubuh. Kondisi ini memaksa jantung memompa lebih kencang dan terjadi hipertensi atau tekanan darah tinggi.
  • Makanan tinggi gula
    Makanan yang mengandung gula tinggi juga harus dihindari oleh orang hipertensi. Meskipun banyak orang menyukai jenis makanan manis, namun jika Anda menderita hipertensi sebaiknya menghindarinya. Makanan manis atau yang mengandung gula tinggi adalah pemicu obesitas, sedangkan obesitas inilah yang menjadi penyebab penyakit hipertensi. Jauhi makanan seperti permen, es cream, kue, sereal, soda, kecap, saus, dan lainnya untuk menjaga tekanan darah tetap stabil.
  • Alkohol dan Kopi
    Alkohol membahayakan kesehatan dan menjadi pemicu timbulnya berbagai penyakit. Alkohol juga mempengaruhi peningkatan tekanan darah dan menyebabkan hipertensi. Jauhi alkohol agar Anda memiliki tekanan darah yang stabil dan tercipta hidup yang sehat. Selain harus menjauhi alkohol, anda juga harus menjauhi kopi karena kandungan kafein pada kopi dapat menyebakan tekanan darah naik.
  • Lemak
    Kelebihan konsumsi lemak dapat menyebabkan obesitas, yang pada akhirnya dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Konsumsi lemak jenuh atau lemak trans, misalnya  dalam makanan gorengan juga harus dihindari. Semua makanan yang digoreng, mentega, margarin, minyak kelapa, dll harus sangat dikurangi.

Bila anda sudah membiasakan diri mengkonsumsi makanan yang aman untuk dikonsumsi dan menghindari makanan yang berbahaya, maka bukan tidak mungkin anda akan segera sembuh dari penyakit darah tinggi. Namun, hanya dengan memperhatikan pola makan saja tidak cukup untuk dapat terbebas dari penyakit darah tinggi. Anda tetap perlu pengobatan yang efektif untuk dapat terbebas dari darah tinggi. Untuk itu kami sarankan anda untuk mencoba pengobatan herbal yang sudah terbukti efektif dan ampuh mengobati darah tinggi dengan cepat tanpa menimbulkan efek samping karena tidak mengandung bahan kimia sedikitpun. Informasi lengkap tentang pengobatan herbal untuk darah tinggi bisa anda lihat DISINI.

Terimakasih atas kunjungan anda. Semoga informasi yang kami berikan bisa bermanfaat untuk anda semua. Jangan menyerah dengan penyakit yang anda derita karena setiap penyakit pasti ada obatnya. Semoga lekas sembuh.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s